Pages

Ads 468x60px

Labels

Monday 23 September 2013

BAB 9 EKOSISTEM




 Ekosistem disusun oleh dua komponen, yaitu lingkungan fisik atau makhluk tidak hidup (komponen abiotik) dan berbagai jenis makhluk hidup (komponen biotik).
Komponen abiotik merupakan keadaan fisik dan kimia di sekitar organisme yang menjadi medium dan substrat untuk menunjang berlangsungnya kehidupan organisme tersebut. Contoh komponen abiotik adalah air, udara, cahaya matahari, tanah, topografi, dan iklim.
 Komponen biotik meliputi semua jenis makhluk hidup yang ada pada suatu ekosistem. Contoh kom-ponen biotik adalah manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme.
 Ekosistem merupakan salah satu satuan makhluk hidup. Berbagai jenis makhluk hidup dapat dike-lompokkan ke dalam satuan-satuan makhluk hidup, meliputi individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.
Di dalam ekosistem terdapat aliran energi, yaitu transfer energi dari produsen ke konsumen melalui  rantai makanan. Sedangkan hubungan komponen biotik dan komponen abiotik adalah bagian dari siklus kimia, yaitu siklus unsur-unsur kimia penyusun makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
Rantai makanan ialah perpindahan materi dan energi dari makhluk hidup satu ke makhluk hidup lain melalui proses makan dan dimakan dengan urutan tertentu. Rantai makanan ini terdiri atas ran-tai makanan perumput dan detritus. Berbagai rantai makanan bergabung membentuk jaring-jaring makanan.
 Piramida ekologi merupakan gambaran yang menunjukkan hubungan struktur trofik dan fungsi tro-fik. Berdasarkan fungsinya, piramida ekologi dibedakan menjadi tiga macam, yaitu piramida cacah, piramida biomassa, dan piramida energi
 Siklus biogeokimia adalah siklus unsur atau senyawa yang mengalir dari komponen abiotik ke biotik dan kembali lagi ke komponen abiotik. Beberapa siklus biogeokimia yang bersifat global adalah siklus karbon, siklus fosfor, siklus nitrogen, dan siklus air.


No comments:

Post a Comment