Pages

Ads 468x60px

Labels

Monday 23 September 2013

B AB 10 Permasalahan Lingkungan dan Upaya Mengatasinya




Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaaan, dan makhluk
hidup. Dalam keadaan normal, lingkungan membentuk suatu keseimbangan yang disebut keseim-bangan dinamis (equilibrium dynamic).
Perubahan lingkungan dapat terjadi karena campur tangan manusia, misalnya penebangan hutan secara liar, pembangunan permukiman penduduk, dan penerapan intensifikasi pertanian. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh faktor alam, misalnya gunung meletus, gempa bumi, banjir, erosi, tanah longsor, kebakaran hutan.
Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi, dan atau kompo-nen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia, atau oleh proses alam, sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan tidak berfungsi.
Polutan adalah zat atau bahan yang dapat menyebabkan atau mengakibatkan pencemaran. Suatuzat dapat disebut polutan apabila jumlahnya melebihi jumlah normal, serta berada pada waktu dan tempat yang tidak tepat. Polutan biologi adalah polutan berupa makhluk hidup, terutama ke-lompok mikroorganisme. Polutan fisika atau polutan energi adalah polutan yang disebabkan oleh faktor-faktor fisik. Sedangkan polutan kimia adalah polutan yang banyak mengandung zat atau senyawa kimia.
Berdasarkan tempat terjadinya atau lingkungan yang dicemarinya, pencemaran dapat kita kelom-pokkan menjadi beberapa macam. Ragam atau macam pencemaran tersebut adalah pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan pencemaran suara.Pengelolaan lingkungan adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pe-nga wasan, dan pengendalian lingkungan hidup. Dalam mengelola dan berinteraksi dengan ling-kungan, kita harus memahami etika lingkungan hidup.
Salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan sedapat mungkin mengurangi limbah atau sampah yang kita hasilkan dalam aktivitas kehidupan. Salah satu cara mengurangi limbah tersebut adalah melalui daur ulang.

No comments:

Post a Comment