Pages

Ads 468x60px

Labels

Tuesday 12 November 2013

Biography Luca Ghini

Luca Ghini (1490, Casalfiumanese - 4 Mei 1556) adalah seorang dokter dan ahli botani Italia, terkenal sebagai pencipta herbarium pertama yang tercatat, serta kebun raya pertama di Eropa. Dalam botani, herbarium (jamak: herbarium) - kadang-kadang dikenal dengan istilah herbar keinggeris-inggerisan - adalah kumpulan spesimen tumbuhan diawetkan. Spesimen ini mungkin seluruh tanaman atau bagian tanaman: ini biasanya akan berada dalam bentuk kering, dipasang pada lembar, tapi tergantung pada material juga dapat disimpan dalam alkohol atau pengawet lainnya. Istilah yang sama sering digunakan dalam ilmu jamur untuk menggambarkan koleksi setara dengan jamur diawetkan. Istilah ini juga dapat merujuk kepada bangunan dimana spesimen disimpan, atau lembaga ilmiah yang tidak hanya menyimpan tetapi penelitian ini spesimen. Spesimen di herbarium yang sering digunakan sebagai bahan referensi dalam menggambarkan taksa tanaman, beberapa spesimen mungkin jenis. 


Ghini lahir di Casalfiumanese, putra notaris, dan belajar kedokteran di University of Bologna. Pada 1527 ia berceramah di sana pada tanaman obat, dan akhirnya menjadi profesor. Dia pindah ke Pisa pada 1544, tetap menjaga rumahnya di Bologna. Dia menciptakan herbarium pertama (Hortus siccus) pada tahun itu, pengeringan tanaman sambil menekan mereka antara potongan kertas, kemudian menempelkan ke karton. 1544 juga melihat pembentukan taman untuk tanaman hidup, yang kemudian dikenal sebagai Orto Botanico di Pisa. The Orto Botanico di Pisa, juga dikenal sebagai Orto Botanico dell'Università di Pisa, adalah sebuah taman botani yang dioperasikan oleh University of Pisa, dan terletak di melalui Luca, Ghini 5 Pisa, Italia. Ini adalah pagi hari kerja terbuka tanpa biaya.

Taman ini didirikan pada 1544 di bawah Cosimo I de 'Medici sebagai taman botani universitas pertama di Eropa, dan dipercayakan kepada ahli botani terkenal Luca Ghini dari Imola. Pada 1563 taman itu dipindahkan dari lokasi aslinya tepi sungai (sekarang Arsenal Medicean) untuk satu di dekat biara Santa Marta, dan tahun 1591 kembali pindah ke lokasi ketiga dan arus. Dari masa-masa awal, taman telah berisi galeri obyek alam (sekarang Pisa Museo di storia Naturale), sebuah perpustakaan (sekarang bagian dari perpustakaan universitas), dan potret direksi yang selama berabad-abad. Ini juga termasuk salah satu yang paling awal hothouses berbingkai besi yang dibangun di Italia.

Hari kebun dibagi menjadi beberapa bagian yang berisi sekolah botani, kebun, kolam, rumah kaca, dan berbagai bangunan. koleksi utama meliputi taman herbal dan arboreta, serta lembaga botani tua, dibangun 1591-1595, dengan fasad yang dihiasi dengan laut-kerang. Ghini diterbitkan tidak bekerja botani signifikan sendiri, tetapi tercatat sebagai guru yang kebanyakan siswa pergi ke karier yang signifikan, termasuk Cesalpino dan Mattioli, yang terakhir yang ia membantu dengan bepergian di sekitar Mediterania dan Timur Dekat mencari tanaman yang cocok yang menakjubkan deskripsi Dioscorides. Sebuah perjalanan Placiti Ghini's menggambarkan diterbitkan secara anumerta.

No comments:

Post a Comment